Home
Sejarah Singkat
Sistem Pendidikan
Program Pendidikan
Kurikulum

Tujuan Pendidikan
Keunggulan
Kelas Karyawan
Kelas Lanjutan
   
Kelas Karyawan
Kelas Lanjutan
 



 
    SISTEM PENDIDIKAN
 
P E N I L A I A N
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penilaian adalah suatu proses penentuan klasifikasi hasil belajar yang dicapai oleh mahasiswa peserta ujian. Penilaian terdiri atas penilaian untuk setiap jenis ujian, dan penilaian untuk suatu mata kuliah.
1.

Penilaian Hasil Ujian
Penilaian terhadap setiap hasil ujian merupakan penentuan pada taraf mana mahasiswa dapat mencapai tujuan pengajaran sesuai dengan materi pengajaran yang diberikan. Bentuk penentuan taraf itu adalah dengan nilai numerik yang rentangannya 0,00-100,00.

2.

Penilaian Akhir Mata Kuliah
Penilaian akhir dari suatu mata kuliah merupakan penentuan pada taraf berapa mahasiswa dapat mencapai tujuan pengajaran mata kuliah tersebut Penilaian akhir, untuk suatu mata kuliah merupakan akumulasi dari sejumlah penilaian yang terdiri dari semua nilai yang diperoleh pada setiap jenis ujian dan tugas-tugas lainnya.

Indeks Prestasi
Indeks Prestasi (IP) adalah tingkat keberhasilan studi yang dicapai oleh mahasiswa dari semua kegiatan akademik yang diikuti mahasiswa tersebut dalam jangka tertentu, yang dinyatakan dalam bentuk bilangan. IP terdiri atas 2 macam, yaitu Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Indeks Prestasi Semester
Indeks Prestasi Semester (IPS) adalah tingkat keberhasilan studi yang dicapai oleh mahasiswa dari semua kegiatan akademik dalam satu semester. Dalam bentuk bilangan, IPs bernilai antara 0-4. Nilai IPs itu diperoleh dari pembagian antara jumlah hasil perkalian antara bobot sks mata kuliah yang diambil dan nilai konversi dari nilai akhir masing-masing mata kuliah dengan jumlah sks seluruh mata kuliah yang diikuti pada semester bersangkutan, dengan rumus :
...................................... .. Jumlah ( K x N)
..................................IPS=.-----------------------
.................................
............ Jumlah K

K = bobot sks masing-masing mata kuliah dalam semester bersangkutan
N = nilai konversi dari nilai akhir setiap matakuliah, yaitu A=4, B= 3, C= 2, D=1, E=0

Indeks Prestasi Kumulatif
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah tingkat keberhasilan studi yang dicapai oleh mahasiswa dari semua kegiatan akademik selama mengikuti pendidikan.

Dalam bentuk bilangan, IPK bernilai antara 0-4. Nilai IPK itu diperoleh dari pembagian antara jumlah hasil perkalian antara bobot sks mata kuliah yang diambil dan nilai konversi dari nilai akhir masing-masing mata kuliah dengan jumlah sks seluruh mata kuliah yang diikuti pada seluruh semester, dengan rumus :

........................................ Jumlah ( Yx N)
................................IPK =..----------------------
......................................... ... Jumlah Y

Y = bobot sks masing-masing mata kuliah pada seluruh semester yang sudah diikuti
N = nilai konversi dari nilai akhir setiap matakuliah, yaitu A=4, B= 3, C= 2, D=1, E=0